Cara Mengatasi Anak Susah Tidur

Anak-anak sering kali susah tidur di malam hari, bahkan harus dipaksa agar ia mau tidur. Walaupun caranya memang cukup sulit, tetapi anak harus selalu cukup tidur di malam hari karena tidur sampai larut malam tidak baik untuk perkembangannya. Salah satu cara yang ampuh dilakukan oleh para orang tua sejak zaman dahulu adalah memberikan cerita anak yang menarik sebelum anak-anak tidur, agar anak bisa tidur lebih cepat.

Cara Mengatasi Anak Susah Tidur

Cara Mengatasi Anak Susah Tidur

Cara Mengatasi Anak Susah Tidur di Malam Hari

1. Mengatur jadwal tidur malamnya ke jam normal secara perlahan

Apabila anak anda terbiasa tidur sampai larut malam sebaiknya cobalah untuk menjadwal ulang jam tidurnya. Cara ini harus dilakukan secara bertahap dan tidak bisa langsung, misalnya setiap 3 hari sekali majukan jam tidurnya menjadi 15 menit lebih awal. Anda sebagai orang tua harus konsisten dalam melakukan cara ini terus menerus, agar anak kembali tidur pada jam 8-9 malam.

2. Pisahkan lingkungan bermain atau hiburan anak dengan kamar tidur

Jangan meletakkan televisi di kamar tidur anak, jauhkan juga benda-benda lainnya seperti mainan dan gadget dari kamar tidur anak. Karena benda tersebut malah akan menghambat proses tidur anak sehingga ia akan tidur sampai larut malam.

3. Lakukan ritual yang rutin sebelum anak tidur

Biasakan untuk melakukan beberapa ritual sebelum anak tidur, misalnya saja menggosok gigi, buang air kecil, mencuci kaki, atau mengganti baju dengan baju tidur. Setelah semua ritual dilakukan matikan lampu kamar dan ganti dengan yang lebih redup agar anak bisa tidur lebih nyenyak.

4. Jika orang tua pulang kerja di tengah malam usahakan jangan membangunkan anak

Ada beberapa orang tua yang pulang larut malam lalu sengaja membangunkan anak yang sedang tidur pulas dengan alasan rindu atau kangen. Padahal hal itu tidak baik bagi kualitas tidur anak itu sendiri. Membangunkan anak tengah malam membuat kualitas tidur anak buruk dan dapat membuat anak sulit tidur cepat.

5. Perhatikan kenyamanan anak saat sedang tidur

Buat tidur anak menjadi lebih nyaman di malam hari, misalnya dengan membersihkan kasur terlebih dahulu, menyelimuti anak, dan atur hal lainnya yang sekiranya membuat ia tidur dengan nyaman. Pastikan juga suhu kamar tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas, jangan sampai membuat kenyamanan anak saat tidur terganggu.

6. Mengingatkan anak untuk tidur tidak terlalu malam, 1 jam sebelum anak tidur

Jika anak sedang bermain pikirannya pasti mengarah pada aktivitas yang sedang dilakukannya, sehingga jika tiba-tiba memaksanya tidur anak pasti akan menolak. Sehingga orang tua harus selalu mengingatkan anak untuk tidur cepat 1 jam sebelum anak tidur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *