4 Alasan Mengapa Perlu Belajar tentang Harga Bitcoin

Bitcoin

Banyaknya pengguna yang mulai ikut terlibat dalam aktivitas jual beli bitcoin rupanya tidak menjadi jaminan bahwa mereka benar-benar tahu cara memperdagangkan uang virtual tersebut dengan baik dan tepat prediksi.

Bahkan tak sedikit yang asal bertransaksi memakai bitcoin dengan alasan nilai tukarnya sedang tinggi. Padahal seluruh aktivitas dagang uang virtual akan memberikan pengaruh ke depannya. Entah nilai tukar menjadi naik atau turun, tetapi jika kurang berhati-hati dan di luar kewajaran, maka bukan hal mustahil lagi kalau jurang menuju kerugian serta anjloknya bitcoin bisa terjadi sewaktu-waktu.

Nah, sebagai pemilik uang berbasis virtual, terutama jika masih seorang pemula, maka tidak ada salahnya belajar tentang hubungan antara harga bitcoin dan transaksi di dalamnya supaya Anda dihindari dari kerugian serta perilaku curang oleh pemain baru jangka pendek.

  1. Harga bitcoin fluktuatif

Seorang trader harus paham bahwa harga bitcoin sangat fluktuatif, sehingga tidak bisa diprediksi kapan nilai tukar naik atau turun. Dalam keadaan seperti itu, seorang trader harus bisa mengambil sikap apakah hendak melakukan penjualan atau pembelian secara signifikan.  Saat nilai tukar naik, sebaiknya tidak mengambil untung terlalu besar supaya permintaan tidak terlalu berpengaruh pada penurunan bitcoin yang bisa terjadi dalam sekejap. Sebaliknya, saat nilai tukar menurun, jangan terlalu banyak melakukan pembelian dengan maksud bisa mendapatkan untung banyak saat nanti dilakukan penjualan kembali. Sebab, hal tersebut bisa saja diikuti oleh pemain baru lain yang mengakibatkan munculnya harga spekulatif.

  1. Tidak semua bitcoin dapat hilang karena dibelanjakan

Banyak trader pemula mengaku bahwa bitcoin mereka banyak yang terkuras usai melakukan pembelian atau setelah transaksi terjadi.  Kemudian mereka menyalahkan harga bitcoin di pasar yang dinilai mendatangkan petaka bagi jumlah kepingan sebelumnya. Padahal uang virtual tersebut bisa hilang karena adanya kesalahan sistim. Misalnya saja pengguna melakukan pembelian secara besar-besraan saat sirkulasi bitcoin sedang sangat minimnya, nah maka harga bitcoin akan meroket tajam bahkan bisa tergolong ekstrem.  Di kasus ini, tentu bisa dipastikan kalau volatilitas harga bitcon akan terkalahkan dengan jumlah pengguna serta banyaknya bitcoin itu sendiri.

  1. Seorang trader bisa menyamai pengguna atau user jika ia paham makna harga bitcoin

Pada dasarnya, kebanyakan sekarang seorang trader tidak bisa disamakan dengan user, meski sama-sama melakukan jual beli. Khususnya dalam memperoleh dan melepas saham. Akan tetapi, trader juga mampu mendapatkan posisi layaknya user jika ia bukan sekadar memegang saham, tetapi juga terlibat transaksi jual beli dan menggunakan bitcoin sebagai alat pembayaran.

Banyak lho dari kalangan trader yang membeli bitcoin besar-besaran dan menyimpannya dalam waktu jangka panjang, kemudian saat harga naik maka akan ditukar besar-besaran pula. Nah pada saat itu, terjadilah panic sell atau kegagapan dalam penjualan yang mengakibatkan harga bitcoin kembali anjlok. Anehnya, trader tidak menyadari bahwa gejolak tersebut ditimbulkan akibat ulah mereka sendiri.

  1. Harga bitcoin bisa memicu terjadinya hacking

Dalam dunia teknologi, peretasan dan pengambilan untung secara illegal sangat mungkin terjadi. Terutama saat harga bitcoin mencapai nilai besar, maka kecenderungan untuk hacking sangat tinggi. Para hacker biasanya melihat aktivitas yang dilakukan oleh pengguna maupun trader. Apabila mereka kerap terlibat dalam jual beli bitcoin, maka bisa jadi sasaran para hacker kelas elit. Sementara itu, sasaran hacker juga bisa dilakukan secara random. Terpenting, mereka dapat mencuri kepingan bitcoin itu tanpa meletakkan belas kasih pada para trader atau pun user.

Nah, untuk mengelabuhi seorang hacker sebaiknya pemilik melakukan aktivitas secara wajar dan tidak mengundang keinginan para peretas untuk mencuri dan menahan akunnya.

Sumber : http://bit.ly/2rIZltM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *