Macam-macam Mesin Sablon Kaos

Semakin berkembang teknologi membuat pekerjaan menjadi lebih mudah, contohnya saja pada teknik sablon kaos. Dahulu, menyablon kaos masih menggunakan teknik manual yang membutuhkan waktu yang lama dan sulit. Saat ini sudah tersedia sablon digital atau menggunakan cetakan yang memerlukan beberapa alat yang lebih canggih, seperti komputer, transfer paper, atau mesin sablon kaos.

Gambar Mesin Sablon Kaos

Gambar Mesin Sablon Kaos

Sablon digital merupakan sebuah teknik yang dapat menghasilkan kaos sablon yang bagus tanpa butuh waktu yang lama. Anda juga tidak memerlukan keterampilan khusus dalam menyablon untuk menghasilkan sablon yang bagus seperti teknik manual. Untuk menggunakan sablon digital anda perlu tahu berbagai mesin sablon digital, seperti sablon dengan transfer paper, printer DTG, dan lain-lain.

Macam-macam mesin sablon

  1. Sablon dengan transfer paper

Sablon kaos menggunakan transfer paper merupakan cara menyablon dengan mencetak logo atau desain di kertas khusus yang disebut transfer paper. Terdapat dua jenis transfer paper, yaitu transfer paper standar atau light yang digunakan pada kaos berwarna putih. Sedangkan, transfer paper dark khusus digunakan untuk kaos sablon berwarna hitam atau gelap.

Dalam menggunakan mesin sablon transfer paper yang perlu anda lakukan pertama kali adalah membuat desain atau menentukan desain. Untuk membuat desain, anda dapat menggunakan berbagai aplikasi atau software yang tersedia di komputer/laptop, contohnya saja coreldraw dan photoshop. Tinta yang dapat digunakan untuk sablon ini adalah tinta original atau tinta pigmen.

  1. Sablon dengan sublimasi

Sebenarnya prinsip sablon menggunakan ssublimasi dengan transfer paper hampir sama. Pertama, anda membuat desain yang nantinya diletakkan pada media berbentuk kertas transfer (transfer paper). Kertas tersebut kemudian di rolling menggunakan suhu kurang lebih 200°C di atas bahan yang mau disublimasi. Anda bisa juga menggunakan heatpress tetapi butuh waktu lebih lama.

Alat yang perlu disiapkan untuk teknik ini yaitu komputer, printer, dan mesin heatpress. Teknik sublimasi akan memberikan hasil yang bagus bila menggunakan bahan polyster sebagai kaos sablon. Perlu diingat bahwa teknik sublimasi sangat tidak bagus bila digunakan pada kain cotton. Hanya kain dengan warna putih atau basic light color yang bisa memakai teknik sablon sublimasi.

  1. Sablon dengan cara cutting

Keunikan sablon dengan cara flock (cutting) adalah teknik ini bisa memberikan hasil kaos sablon dengan gambar yang muncul. Teknik ini tidak membutuhkan printer, namun menggunakan alat pemotong seperti plotter atau mesin cutting sticker. Setelah itu, desain yang sudah dipotong akan diletakkan di atas kaos dan di press dengan heatpress agar menempel di kaos.

  1. Sablon menggunakan printer DTG

Printer DTG (direct to garment) adalah cara menyablon kaos dengan printer tanpa menggunakan perantara, jadi tinta langsung tertempel ke kaos. Alat yang perlu disiapkan yaitu komputer, mesin printer DTG, serta heatpress. Anda hanya perlu membuat desain di komputer anda, lalu print sablon kaos satuan menggunakan mesin sablon kaos yaitu printer DTG.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *